LEMPAH KULAT PELAWAN

lempah-kulat-pelawan

Masih dengan bahasan lempah, Masakan kuliner Bangka yang akan menggoyangkan lidah anda kali ini adalah lempah kulat. Sebelum saya membahas lempah kulat itu sendiri, ada baiknya kita membahas apa itu kulat pelawan terlebih dahulu.

Kulat Pelawan adalah jamur khas pulau Bangka yang tumbuh di musim penghujan sekitar bulan Agustus – Maret, ketika petir banyak menyambar, ketika tanah mengandung spora dan subur. Kulat sendiri adalah sebutan untuk jamur dalam bahasa Bangka. Jamur ini tumbuh subur di dekat akar pohon Pelawan (tristaniopsis merguensis griff), pohon yang berasal dari Burma yang menyebar ke Asia Tenggara. Di Indonesia pohon Pelawan ditemukan di Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Dan ajaibnya dan hanya pohon pelawan yang tumbuh di Pulau Bangka tepatnya di Desa Namang Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah yang ditumbuhi jamur merah ini.

Pohon Pelawan ini berwarna merah, tidak heran kulat Pelawan pun berwarna merah. Kulat pelawan memiliki aroma tersendiri yaitu aroma asap. Berapa harga jamur merah dengan aroma asap ini? aga  mahal cukup merogoh kocek Rp 500,000 –  Rp 2,000,000/ kg nya, tak heran jika kalangan tertentu saja yang bisa membelinya.

LEMPAH KULAT PELAWAN Ini adalah salah satu makanan kuliner yang sudah terkenal di dalam maupun luar Bangka Belitung. Bagi masyarakat Bangka, makanan ini sudah menjadi daftar menu makanan terfavorit. Bahan-bahan yang digunakan untuk memasak lempah kulat antara lain adalah jamur pelawan, daun keladi sayur, nanas, pucuk labu dan rempah-rempah lainnya. Tentu saja makanan kuliner Bangka lempah kulat mengandung kadar gizi yang lebih dari cukup. Di samping bahannya juga terdapat bumbu dapur yang alami membuat yang mencicipi semakin membuat lidah bergoyang.

Berikut adalah resep lempah kulat yang patut anda coba sebagai daftar menu sehat di keluarga anda.

Bahan-bahan:

  1. 50 gr Jamur pelawan
  2. 200 ml Santan kental
  3. Batang darun keladi, pucuk labu dan nanas

Bumbu:

  1. 10 Siung bawang merah dan bawang putih
  2. 2 cm Lengkuas dan kunyit
  3. 50 gr Trasi
  4. 10 Buah cabai merah panjang
  5. 10 Buah cabai merah rawit

Cara membuat:

  1. Bersihkan jamur pelawan, rendam dalam air selama 25 menit.
  2. Haluskan semua bumbu.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi dengan 2 sdm minyak goreng, setelah mengeluarkan aroma wangi bumbu tumis tambahkan 1 liter air.
  4. Masukan jamur pelawan dan sayuran.
  5. Tambahkan santan kental (direbus dalam kondisi api sedang), Tunggulah hingga mendidih. Jika jamur pelawan dan sayur sudah mulai agak layu angkatlah, jangan sampai jamur pelawan dan sayuran terlalu lama direbus karena akan mengurangi kadar gizi.
  6. Angkat dan siap disajikan.
Iklan

About Enny Ningrum

Hallooo Kulinerenny... Semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kalian semua. Lets Readiing :)

Posted on 23 Maret 2015, in MASAKAN NUSANTARA. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: