KUE JONGKONG, KUE TURUN TEMURUN KHAS BANGKA BELITUNG

31125_113924195317492_1000009973719

Masih belum beranjak dari negeri laskar pelangi. Kali ini saya masih membahas tentang jajanan kue yang enak khas dari Bangka Belitung, yaitu kue jongkong. Kue jongkong merupakan kue tradisional khas Bangka Belitung dengan tekstur lembut dan citarasa yang manis. Resep kue jongkong ini diduga merupakan resep turun-temurun dari nenek moyang yang hingga kini masih dijaga kelestarian nya.

Ciri khas dari kue jongkong yang asli memiliki tiga lapisan warna yang sangat khas yaitu bagian paling bawah berwarna hitam, dibagian tengah hijau pandan dan bagian paling atas berwarna putih. Ke khas-an yang dimiliki membuat sebagian orang susah melupakan kue tradisional yang satu ini. Satu lagi yang menjadi ciri khas kue jongkong yang asli adalah menggunakan bahan pewarna alami bukan pewarna buatan, dan tentu saja tidak menggunakan bahan pengawet. Warna hitam yang ada pada lapisan terbawah menggunakan gula merah yang dihaluskan, warna hijau berasal dari pandan sekaligus sebagai pengharum aroma, sedangkan bagian warna putih adalah perpaduan antara tepung dan santan.

Dari segi pembuatan  kue jongkong masuk kategori kue yang sangat mudah dibuat, begitu pun dengan bahan-bahan pembuatnya sangat banyak tersedia di warung-warung terdekat. Kue ini sekaligus sebagai ajang untuk anda yang ingin belajar memasak, sekaligus belajar untuk tetap melestarikan kue tradisional Bangka yang keberadaannya saat ini sangat memprihatinkan. Serbuan makanan instan dan makanan kecil saat ini sudah mampu mendesak hilangnya berbagai macam kekayaan kuliner asli Indonesia. Harapan saya dengan adanya resep-resep kue tradisional ini mampu menggugah generasi muda khususnya Bangka Belitung untuk ikut melestarikan kekayaan kuliner Nusantara.

Nah setelah bicara berkepanjangan kali ini saat nya saya membagikan resep kue tradisional yang sangat fenomenal ini. Semoga apa yang saya berikan bermanfaat dan sesuai dengan selera anda. Resep kali ini akan saya bagikan. Yuk langsung saja kita simak resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :

  1. 500 gram tepung beras
  2. 500 gram tepung tapioka
  3. 2 sendok makan air kapur sirih
  4. 3 sendok makan gula merah (disisir)
  5. Garam halus secukupnya
  6. Air perasan daun suji/daun pandan (atau pewarna hijau makanan, jika mau)
  7. 1/2 butir kelapa muda
  8. Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Jongkong Khas Bangka Belitung :

  1. Campur tepung beras bersama dengan tepung tapioka dan air kapur sirih. Lalu masukkan gula merah serta garam, kemudian tuangkan santan yang telah diberi daun pandan dan aduk-aduk hingga adonan kalis dan mengental.
  2. Selanjutnya tuangkan air daun suji (untuk memberi warna hijau) dan aduk-aduk hingga rata. Tuangkan 1 sendok sayur adonan ke atas daun pisang, lalu bungkus. Kukus lah adonan tersebut hingga matang dan angkat lalu dingin kan. Iris tipis lalu sajikan dengan taburan kelapa parut.

Nah Kue jongkong sudah selesai dibuat, semoga resep kue kali ini sesuai dengan selera dan harapan anda semua. Bahan-bahan di atas bisa di buat untuk 20 buah kue. Selamat mencoba dan berkreasi.

Iklan

About Enny Ningrum

Hallooo Kulinerenny... Semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kalian semua. Lets Readiing :)

Posted on 24 Maret 2015, in KUE. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Kok Beda ya..?
    ama kue Jongkong yang selama ini ane makan ??

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: