COLENAK PEUYEUM BAKAR YANG DICOCOL ENAK

Dicocol-Enak-ColenakBandung, tak ada habis nya kalau membahas tentang kota kembang tersebut. Banyak macam jenis kuliner yang terdapat di kota bandung. salah satunya adalah peuyeum atau dalam bahasa indonesia adalah tape. Peuyeum terdapat dua jenis,  pertama peuyeum yang terbuat dari singkong yang difermentasikan. dan ke dua terbuat dari beras ketan yang difermentasikan.

Kata peuyeum berasal dari bahasa sunda yaitu peuyeum sampeu yang berarti tape singkong, sejarah peuyeum bermula dari berlimpahnya hasil singkong di bandung. Dinginnya bandung menginspirasi masyarakat membuat peuyeum untuk menghangatkan tubuh, khasiat tersebut diperoleh dari hasil fermentasi tersebut.

Membuat peyeum sangatlah mudah, singkong yang dicuci bersih kemudian dikukus hingga matang, setelah itu singkong yang sudah matang di taburi ragi lalu disimpan di wadah tertutup kurang lebih selama 3 hari.

Seiiring perkembangan jaman peuyeum semakin berkembang menjadi sebuah makanan kuliner yang semakin menarik. salah satunya colenak peuyeum bakar. Colenak merupakan sebuah singkatan dari kata “di cocol enak” Awalnya, peuyeum bakar tersebut dihidangkan dengan saus yang terbuat dari lelehan gula merah yang dicampur kelapa. Tapi, seiring perjalanan waktu, terdapat banyak varian Colenak yang dikembangkan oleh para pedagang.

Salah satunya adalah Colenak Bogor. Di sini peuyeum yang sudah dibakar disajikan dengan taburan unti (campuran kelapa parut dan gula merah yang dimasak sampai agak kering) dan disiram saus santan. Ada juga Colenak Durian khas Bandung, dengan saus yang terbuat dari campuran durian matang dengan lelehan gula merah. Lain lagi Colenak Pisang Tape, peuyeum  diselipkan dalam potongan pisang kepok lalu dibakar.

Penasaran dengan rasanya? anda tidak perlu jauh jauh kebandung atau pun ke cafe untuk mencoba colenak ini kalau anda bisa buat sendiri dirumah karena bahannya murah dan mudah didapat

 

Bahan:

  • 500 gram Peuyeum/tape singkong

 

Bahan enten:

  1. ½ butir kelapa, parut
  2. 150 gram gula jawa/merah, iris-iris
  3. 2 sdm gula pasir
  4. ¼ sdt garam
  5. 4 lembar daun pandan
  6. 1 sdm margarine
  7. Vanila

Cara membuat:

  1. Potong tape bentuk kotak, tekan2 agar bentuknya menjadi pipih melebar. Olesi tape dengan mentega lalu akar di atas bara arang sampai warnanya kuning kecoklatan
  2. Masak gula jawa, santan lalu beri air sedikit, masukan daun pandan, vanila dan garam secukupnya, aduk hingga gula jawa meleleh.
  3. tambahkan kelapa parut dan aduk hingga sedikit kering. lalu angkat dan sisihkan.
  4. sajikan tape yang sudah dibakar tadi dipiring lalu siram dengan kuah enten tadi.

Bagaimana Kuliners? mudah bukan cara membuatnya.. Selamat mencoba dirumah 🙂

Iklan

About Enny Ningrum

Hallooo Kulinerenny... Semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kalian semua. Lets Readiing :)

Posted on 20 Mei 2015, in CAMILAN. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: